Tautan-tautan Akses

Pemberontak Suriah Mengaku Menembak Jatuh Pesawat Rusia


Pemberontak Suriah mengatakan ini adalah pesawat militer Rusia yang ditembak jatuh oleh pasukan pemberontak dekat Idlib, pada 3 Februari 2018. Foto diambil dari media sosial via Reuters.

Satu kelompok pemberontak Suriah yang terkait dengan al-Qaida telah mengaku bertanggung jawab atas penembakan jatuh satu pesawat tempur Rusia dekat kota Saraqeb yang dikuasai pemberontak di Suriah.

Kementerian pertahanan Rusia mengukuhkan penembakan jatuh itu hari Sabtu (3/2) dan mengatakan pilotnya dibunuh oleh pemberontak setelah terjun dengan parasut ke darat.

Para pemantau Suriah dan Pengamat Hak Azasi Suriah yang berbasis di Inggris mengatakan pilot tersebut menerbangkan pesawat Shukoi Su-25 buatan Rusia, pesawat bermesin dua yang terbang rendah untuk mendukung pasukan di darat, ketika pesawat itu rusak. Beberapa saksi di tempat mengatakan pilot pesawat tersebut tewas setelah menembaki pemberontak yang hendak menangkapnya.

Kelompok pemberontak Hay’at Tahrir al-Sham (HTS) telah mengaku bertanggung-jawab dan memuat video bangkai pesawat yang terbakar pada medianya Ebaa News Agency, di mana kejadian itu dipantau oleh dinas intelijen SITE. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG