Tautan-tautan Akses

Pemberontak Rohingya Sergap Pos Perbatasan di Myanmar, 71 Tewas


Negara bagian Rakhine, Myanmar

Militer Myanmar menyatakan sedikitnya 71 orang, termasuk 12 aparat keamanan, tewas sewaktu pemberontak Rohingya menyergap lebih dari 20 pos polisi di negara bagian Rakhine, di bagian utara Myanmar.

Menurut pihak berwenang, pos-pos polisi itu diserang pada Jumat dini hari oleh sekitar 150 pemberontak yang bersenjatakan senapan dan bom rakitan.

Tentara Penyelamat Rohingya Arakan (ARSA) mengaku bertanggungjawab atas serangan itu dan memperingatkan akan serangan-serangan lainnya.

ARSA, kelompok yang sebelumnya dikenal sebagai Harakah al-Yaqin muncul Oktober lalu sebagai kekuatan yang mengaku memimpin pemberontakan yang berbasis di kawasan pegunungan terpencil May Yu yang berbatasan dengan Bangladesh.

Serangan itu terjadi menyusul laporan komisi yang dipimpin mantan Sekjen PBB Kofi Annan mengenai kondisi di dalam negara bagian Rakhine. Laporan itu mendesak tindakan segera untuk mengatasi perpecahan dan menghapus pembatasan pergerakan dan kewarganegaraan yang diberlakukan terhadap sekitar satu juta anggota komunitas Rohingya di Rakhine. [uh/lt]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG