Tautan-tautan Akses

AS

Pemakzulan Trump: Utusan AS untuk Uni Eropa Berperan dalam Urusan Ukraina


Presiden AS Donald Trump mendengarkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy berbicara kepada wartawan selama pertemuan bilateral di sela-sela sesi ke-74 Majelis Umum PBB di New York, 25 September 2019. (Foto: Reuters/Jonathan Ernst)

Komite Intelijen DPR AS yang menyelenggarakan penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump merilis transkrip dari kesaksian dari dua pejabat pada Sabtu (16/11). Mereka akan hadir dalam sidang publik minggu depan.

Penyelidik Kongres itu Sabtu juga bertemu dengan Mark Sandy dalam sesi di ruang tertutup. Mark Sandy adalah pejabat karier di Kantor Manajemen dan Anggaran atau OMB. Sandy bisa memberi informasi berharga tentang penundaan penyaluran bantuan senilai AS$ 400 juta untuk Ukraina musim panas yang lalu.

Transkrip yang dirilis Sabtu berasal dari dua kesaksian dalam sesi ruang tertutup dengan mantan pejabat Dewan Keamanan Nasional Tim Morrison, dan Jennifer Williams, pembantu Wakil Presiden Mike Pence. Morrison dan Williams dijadwalkan akan didengar keterangannya di hadapan publik pada Selasa (19/11) oleh panel DPR ini.

Inti dari penyelidikan pemakzulan terhadap presiden ini adalah, apakah Trump menunda penyaluran bantuan militer untuk Ukraina dalam usaha menekan pejabat Ukraina agar menyelidiki mantan wapres Joe Biden, pesaing potensial Trump dalam pemilihan presiden 2020, dan juga putranya Hunter Biden. Sejauh ini kedua Biden tidak pernah melakukan pelanggaran apa-apa. [jm/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG