Tautan-tautan Akses

Pemain Film Animasi ‘Over the Moon’ Bicara Soal Keterwakilan Ras Asia di Industri Film


Sandra Oh menghadiri pesta Oscar Vanity Fair di Beverly Hills dalam ajang Academy Awards ke-92, di Los Angeles, California, AS, 9 Februari 2020. (REUTERS / Danny Moloshok)

Para pemain film animasi terbaru Netflix berjudul “Over the Moon” bersemangat untuk terlibat dalam film tersebut. Pasalnya, film itu memperkaya representasi warga Amerika keturunan Asia dalam lansekap perfilman Amerika. Selengkapnya, kita simak laporan kantor berita Associated Press yang disusun oleh Tim VOA berikut.

Sebagian besar aktor Amerika keturunan Asia, yang terlibat dalam produksi film animasi baru berjudul “Over the Moon”, tidak pernah melihat ras mereka muncul di media ketika tumbuh besar dulu. Namun kini, hal itu berubah. Mereka pun bersemangat untuk menjadi bagian dari gelombang perubahan itu.

Pemain Film Animasi ‘Over the Moon’ Bicara Soal Keterwakilan Ras Asia di Industri Film
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:34 0:00

Dalam “Over The Moon”, aktris Sandra Oh berperan sebagai Nyonya Zhong, ibu tiri dari karakter utama bernama Fei Fei, yang dimainkan aktris Cathy Ang. Fei Fei adalah karakter gadis pecinta sains, yang dikisahkan membangun sebuah roket untuk mencari Dewi Bulan, sosok yang sering diceritakan mendiang Ibunya dulu.

Dalam wawancara dengan kantor berita Associated Press, Sandra Oh mengatakan, “Saya tidak sabar melihat para keponakan melihat saya – ini menjadi sesuatu yang normal, dan bagi mereka untuk melihat karakter animasi seperti Mulan sangatlah penting. Amat penting. Saya sudah terlalu tua, tapi dulu saya tidak mengalami hal itu. Bagi banyak dari kami yang bukan orang kulit putih, tak pernah punya boneka yang mewakili ras kami sangatlah berpengaruh. Jadi, tentu saja itu menjadi salah satu alasan utama saya terlibat dalam film ini.”

Promosi film"Mulan" produksi Disney di sebuah bioskop di Beijing, China, 11 September 2020. (Foto: REUTERS / Florence Lo)
Promosi film"Mulan" produksi Disney di sebuah bioskop di Beijing, China, 11 September 2020. (Foto: REUTERS / Florence Lo)


Sementara itu, Cathy tak sabar memperlihatkan tradisi budaya keluarganya kepada dunia melalui film ini.

“Sebuah kehormatan besar untuk bisa berbagi sebagian tradisi dan warisan keluarga saya melalui seni dalam sebuah kisah yang begitu indah. Ketika kecil, saya melihat sosok Mulan sebagai panutan. Dan dengan film ini, jadi ada dua sosok perempuan (Asia) yang bisa dijadikan panutan anak-anak di mana pun. Saya rasa segala hal tentang film ini terasa pas dengan momen sekarang. Film ini adalah kisah tentang pulih dari kehilangan, yang saya rasa dialami semua orang kini. Maka, saya rasa film ini adalah lompatan besar bagi keterwakilan warga Amerika keturunan Asia, sekaligus pas untuk situasi saat ini.”

Film animasi “Over The Moon” yang disutradarai Glen Keane, juga menampilkan bintang-bintang lainnya, termasuk Ken Jeong (Ken Jeng), Margaret Cho, Phillipa Soo dan John Cho.

Film ini sudah bisa Anda saksikan sekarang pada layanan streaming Netflix. [rd/ka]

XS
SM
MD
LG