Tautan-tautan Akses

AS

Pemadam California Harapkan Momentum untuk Atasi Kebakaran


Sebuah mobil kuno di antara puing-puing setelah kebakaran melanda Paradise, California, 8 November 2018.

Para petugas pemadam kebakaran di California berharap meredanya angin musiman Santa Ana pada Sabtu (10/11), bisa memberi mereka momentum untuk melawan kebakaran hutan yang menewaskan sebelas orang, menghancurkan ribuan rumah dan memaksa 250 ribu orang mengungsi.

Kebakaran Woolsey di California selatan mengancam sekitar 75 ribu rumah di Ventura County di barat laut Los Angeles, yang juga merupakan lokasi dari penembakan massal baru-baru ini yang menewaskan 12 orang.

Wali Kota Thousand Oaks, dimana penembakan massal itu terjadi, mengatakan penduduk di tiga perempat kotanya mendapat perintah evakuasi.

Penduduk kota pinggir pantai yang mewah, Malibu, telah dievakuasi. Selebritas yang tinggal di kawasan itu, seperti bintang reality show Kim Kardashian West dan musisi Lady Gaga, lewat twitter menyampaikan kekhawatiran mereka akan rumah dan tetangga mereka.

Kebakaran Woolsey yang besar dan kebakaran Hill yang lebih kecil, juga di bagian selatan negara bagian itu, berkobar Kamis malam, dipicu kondisi kering dan angin Santa Ana.

Presiden AS Donald Trump mencuit mengenai kebakaran itu pada Sabtu, menyalahkan para pejabat California. Dia mengatakan kebakaran itu disebabkan "manajemen hutan yang tidak becus" dan mengancam akan menahan dana federal. Dia tidak menyinggung tentang kekeringan di California. [vm]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG