Tautan-tautan Akses

Peluncuran Roket China Gagal


Roket Long March-5 Y2 milik China lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Wenchang di Wenchang, provinsi Hainan, China, 2 Juli 2017.

Peluncuran roket China gagal Minggu malam (2/7) karena ketidaknormalan dalam penerbangan setelah apa yang tampaknya peluncuran yang berhasil, kata kantor berita resmi Xinhua.

Para pakar akan menyelidiki penyebab masalah peluncuran Long March-5 Y2 itu, roket bermuatan berat yang kedua China, dari Pusat Peluncuran Antariksa Wenchang di provinsi Hainan, China selatan, kata Xinhua.

Video siaran langsung menunjukkan roket itu lepas landas dan meluncur ke langit, dengan laporan pandangan mata yang memberi indikasi semua berjalan dengan baik. Tidak jelas dari siaran langsung itu apakah ada sedikitpun yang tidak beres. Juga tidak jelas apakah roket itu, yang membawa satu satelit komunikasi, telah memasuki orbit.

Beberapa peluncuran Long March-5 telah dijadwalkan sebagai persiapan akan penyelidikan bulan China, stasiun antariksa berawak dan misi penyelidikan Mars, menurut Xinhua. Peluncuran hari Minggu itu tadinya sebagai latihan terakhir sebelum roket itu membawa pesawat penyelidik bulan nanti tahun ini. Belum jelas bagaimana kegagalan hari Minggu akan mempengaruhi misi-misi yang sudah direncanakan. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG