Tautan-tautan Akses

Pelajar dan Aktivis Iklim Greta Thunberg Raih Hadiah Prix Liberté


Greta Thunberg aktivis iklim Swedia yang memrakarsai gerakan Climate Strike ("Pemogokan Iklim") bagi para pelajar sejak usia 15 tahun.

Aktivis iklim Greta Thunberg menerima Hadiah Liberty yang pertama pada hari Minggu atas keterlibatannya yang berkelanjutan dalam perjuangan melawan perubahan iklim.

Thunberg memprakarsai gerakan Climate Strike ("Pemogokan Iklim"), di mana ribuan siswa di seluruh Eropa membolos sekolah pada hari Jumat untuk menyerukan aksi menentang pemanasan global.

Hadiah yang pertama kali bagi penghargaan sejenis itu, diberikan oleh wilayah Normandia di Perancis, di mana penyerahan hadiah diadakan di luar Abbaye-Aux-Dames di Caen.

Warga Swedia berusia 16 tahun itu berpose bersama veteran D-Day Charles Norman Shay dan Léon Gautier yang dipujinya atas "keberanian mereka yang tak terbayangkan".

Thunberg menambahkan bahwa generasinya berutang kepada Shay, Gautier dan mereka yang kehilangan nyawanya dalam Perang Dunia II untuk "berhenti menghancurkan" dunia yang mereka "perjuangkan dengan keras agar selamat". (my/al)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG