Tautan-tautan Akses

Pejabat Tinggi Militer Taiwan Tewas dalam Kecelakaan Helikopter


Tim SAR melakukan pencatian perwira militer yang hilang, setelah helikopter Black Hawk melakukan pendaratan darurat di daerah pegunungan dekat Taipei, Taiwan 2 Januari 2020.

Pejabat tinggi militer Taiwan tewas dalam kecelakaan helikopter hari Kamis (2/1), sebut kementerian pertahanan. Kecelakaan ini terjadi hanya beberapa hari sebelum Taiwan mengadakan pemilu untuk memilih presiden baru.

Kepala Staf Umum Shen Yi-ming, termasuk di antara delapan pejabat senior – termasuk tiga orang berpangkat mayor jenderal – yang tewas sewaktu helikopter Black Hawk yang mereka tumpangi menabrak pegunungan dekat Taipei.

Jenderal berusia 62 tahun dan rombongannya itu sedang dalam misi rutin untuk mengunjungi tentara di Yilan, kawasan di bagian timur laut, menjelangi Tahun Baru Imlek, sewaktu insiden itu terjadi.

Bendera di semua unit militer dikibarkan setengah tiang selama tiga hari karena Shen adalah pejabat militer tertinggi yang meninggal dalam tugas resmi, sebut pemerintah.

Letjen Tsao Ching-ping, satu dari lima penyintas, mengatakan kepada petugas penyelamat dalam tayangan di televisi lokal bahwa ia baik-baik saja, dan hanya dia yang dapat berjalan sementara dua lainnya cedera.

Kantor presiden Tsai Ing-wen menyatakan ia akan membatalkan semua kegiatan kampanye selama tiga hari karena tragedi itu. Partai Demokrat Progresif yang berkuasa juga akan menunda kampanye selama tiga hari.

Tsai sedang mengincar masa jabatan kedua, dan ia menghadapi walikota Kaohsiung Han Kuo-Yu dari partai Kuomintang pada pemilu 11 Januari, saat berlangsungnya pemilihan anggota legislatif Taiwan. [uh/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG