Tautan-tautan Akses

1 Tewas, 2 Cedera dalam Serangan terhadap Kendaraan Angkatan Laut Pakistan


Militer Pakistan melakukan patroli di provinsi Baluchistan, Pakistan barat daya (foto: dok).

Para pejabat Pakistan mengatakan Minggu (7/3) bahwa kawanan bersenjata menyergap sebuah kendaraan yang mengangkut personel angkatan laut di distrik Gwadar, di provinsi Baluchistan, Pakistan barat daya, menewaskan sedikitnya satu prajurit dan melukai dua lainnya secara serius.

Para penyerang menarget kendaraan angkatan laut Pakistan dengan senjata otomatis Sabtu malam di dekat kota pesisir Jiwani, kata Zahoor Buledi, seorang menteri provinsi Baluchistan kepada VOA.

Gwadar adalah tempat pelabuhan laut dalam yang dibangun dan dioperasikan oleh China, pusat dari Koridor Ekonomi China-Pakistan (China–Pakistan Economic Corridor/CPEC) bernilai miliaran dolar.

Tentara Pembebasan Baluchistan, yang oleh Amerika Serikat dinyatakan sebagai kelompok teroris global, bertanggung jawab atas serangan itu. Mereka mengklaim penembakan itu menewaskan empat prajurit angkatan laut dan melukai dua lainnya, meskipun klaim kelompok itu sering kali dibesar-besarkan.

Pada hari Jumat, ledakan bom pinggir jalan di tempat lain di provinsi itu menewaskan lima pekerja dan melukai lima lainnya, termasuk dua personel keamanan.

Koridor perdagangan CPEC, perpanjangan pesat dari program Beijing “Prakarsa Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative) dimaksudkan untuk memberikan akses sesingkat mungkin dari barat daya China ke Laut Arab melalui Pakistan. [lt/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG