Tautan-tautan Akses

Pejabat Senior PBB Awali Misi Diplomatik ke Korea Utara


Sekjen PBB urusan Politik Jeffrey Feltman (tengah), tiba di Bandara Internasional Pyongyang, Pyongyang, Korea Utara, 5 Desember 2017.

Seorang pejabat tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa mengunjungi Korea Utara untuk mengurangi ketegangan seputar program uji coba nuklir dan rudal balistik rezim itu.

Jeffrey Feltman, wakil sekretaris jenderal badan dunia itu untuk urusan politik, berangkat ke Pyongyang, Selasa (5/12) setelah singgah di Beijing sehari sebelumnya. Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan hari Senin bahwa Feltman akan membahas “masalah kepentingan dan perhatian bersama” dengan Menteri Luar Negeri Ri Yong Ho dan Wakil Menteri Pak Myong Guk dalam kunjungannya, yang akan berakhir hari Jumat.

Kunjungan Feltman itu dilakukan kurang dari seminggu setelah Pyongyang mengumumkan telah berhasil melakukan uji coba rudal balistik antarbenua yang bisa mencapai daratan Amerika. Peluncuran tersebut meningkatkan ketegangan antara Korea Utara dan Amerika Serikat.

Dujarric mengatakan Pyongyang menyampaikan undangan kepada Feltman untuk mengunjungi negara itu bulan September lalu, dalam pertemuan tahunan para pemimpin dunia di Majelis Umum PBB.

Feltman juga akan bertemu dengan para kepala berbagai program kemanusiaan PBB yang beroperasi di Korea Utara, termasuk UNICEF, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan Dana Kependudukan PBB. Tetapi Dujarric tidak mengatakan apakah Feltman juga akan bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dalam kunjungan ini.

Feltman, mantan pejabat Departemen Luar Negeri Amerika, adalah pejabat senior PBB pertama yang melakukan perjalanan ke Korea Utara sejak Valerie Amos, yang ketika itu kepala kemanusiaan, berkunjung pada tahun 2011. Pendahulu Feltman, Lynn Pascoe, mengunjungi Korea Utara pada tahun 2010. [lt]

XS
SM
MD
LG