Tautan-tautan Akses

Pejabat Pemilu: Aliansi yang Berkuasa di Bangladesh Menang


Para anggota pengawas pemilu sedang menghitung surat suara di pusat pemungutan suara di Dhaka, Bangladesh, 30 Desember 2018.

Seorang pejabat pemilu mengatakan aliansi yang berkuasa di Bangladesh yang dipimpin oleh Perdana Menteri Sheikh Hasina telah memenangkan pemilu pada Minggu (30/12) dengan 288 kursi, cukup untuk membentuk pemerintahan.

Sekretaris Komisi Pemilu Helal Uddin Ahmed selesai menyampaikan hasil pemilu pada Senin (31/12) pagi.

Ahmed mengatakan aliansi yang dipimpin Liga Awami yang berkuasa, memenangkan 288 kursi sementara Partai Jatiya yang dipimpin mantan presiden H.M.Ershad mendapat 20 kursi. Sebuah aliansi oposisi yang dipimpin pengacara ternama Kamal Hossain hanya meraih tujuh kursi dan yang lainnya mendapat tiga dari 300 kursi. Pemilu bagi satu kursi tidak diadakan Minggu dan hasil untuk satu kursi lain dihentikan oleh komisi.

Dengan hasil ini berarti Hasina akan membentuk pemerintahan untuk ketiga kalinya, bahkan ketika oposisi mengklaim kepemimpinannya semakin otoriter.

Oposisi telah menolak hasil pemilu itu, dengan Hossain menyebut pemilu itu sebagai banyolan dan menuntut agar sebuah pemilu baru diadakan di bawah kewenangan "pemerintah nonpartisan." [vm]

XS
SM
MD
LG