Tautan-tautan Akses

Pejabat AS Tinjau Kota Manbij, Suriah, di Tengah Sengketa dengan Turki


Delegasi tingkat tinggi AS, termasuk diplomat dan anggota koalisi pimpinan AS, mengunjungi kota Manbij di Suriah utara, hari Kamis (22/3).
Delegasi tingkat tinggi AS, termasuk diplomat dan anggota koalisi pimpinan AS, mengunjungi kota Manbij di Suriah utara, hari Kamis (22/3).

Delegasi tingkat tinggi AS, termasuk diplomat dan anggota koalisi pimpinan AS, hari Kamis (22/3) mengunjungi Manbij di tengah perbedaan pendapat dengan Turki mengenai nasib kota di Suriah utara itu.

Mayjen AS Jamie Jarrard, Komandan Operasi Khusus Amerika di Suriah dan Irak, dan mantan Duta Besar AS untuk Bahrain, William Roebuck bertemu dengan penduduk dan pejabat lokal kota itu, yang berada di bawah kendali Pasukan Demokrat Suriah (SDF) yang didukung AS, sejak ISIS tersingkir pada tahun 2016.

Rekaman video VOA mengenai kunjungan itu menunjukkan delegasi bersama para pemimpin SDF mengunjungi pasar dan berbicara dengan penduduk setempat.

Seorang wartawan VOA di Suriah utara yang ikut dalam kunjungan itu mengatakan delegasi tersebut meyakinkan penduduk setempat mengenai dukungan AS sebelum bertemu dengan pejabat kota.

Ibrahim Qaftan, wakil ketua Dewan Eksekutif Manbij yang menghadiri pertemuan itu, mengatakan kepada VOA bahwa pejabat Amerika mengatakan AS tidak berniat mundur dari kota tersebut.

"Mereka ingin memberi tahu orang-orang di daerah ini bahwa kami bersama Anda dan jangan khawatir soal Manbij," kata Qaftan.

"Inilah yang ingin didengar orang-orang dan pemerintah kota ini," tambahnya. [my/ds]

XS
SM
MD
LG