Tautan-tautan Akses

Pejabat Afghanistan Pastikan Rencana Penarikan Pasukan AS


Marinir AS berjaga-jaga di Kamp Militer Shorab di Lashkar Gah di Afghanistan, 28 Agustus 2017. (Foto: AFP/Wakil Kohsar)
Marinir AS berjaga-jaga di Kamp Militer Shorab di Lashkar Gah di Afghanistan, 28 Agustus 2017. (Foto: AFP/Wakil Kohsar)

Pejabat-pejabat Afganistan memastikan, Minggu (15/12), Amerika berencana menarik ribuan tentara dari negara itu dan bersikeras langkah itu berasal dari saling pengertian antara kedua negara yang bersekutu.

Sumber-sumber di Kabul memberi tahu VOA bahwa proses penarikan diperkirakan dimulai dalam tiga bulan, meskipun belum ada konfirmasi resmi tentang jadwal itu.

Hari Sabtu (14/12), media Amerika melaporkan pemerintahan Presiden Donald Trump hendak mengumumkan paling cepat pada pekan ini mengenai rencana pengurangan sekitar 4.000 jumlah pasukan Amerika di Afghanistan

Jurubicara Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menegaskan rencana pengurangan pasukan tidak terkait negosiasi perdamaian yang sedang berlangsung antara Amerika dan pemberontak Taliban. Negosiasi tersebut diharapkan dapat mengakhiri perang yang sudah berlangsung 18 tahun.

Saat ini sekitar 13 ribu tentara Amerika dikerahkan ke Afghanistan. Mereka melakukan misi kontraterorisme selain menjadi penasehat dan melatih pasukan keamanan Afghanistan untuk memerangi Taliban.

Dalam wawancara baru-baru ini, Trump mengatakan kepada Fox News Radio, ia mungkin mengurangi jumlah pasukan Amerika di Afghanistan menjadi sekitar 8.600.[ka/jm]

XS
SM
MD
LG