Tautan-tautan Akses

Pedagang Tunggu Pertemuan OPEC, Pasar Minyak Lesu


Lapangan minyak West Qurna terlihat dari udara, dekat Kota Basra, 340 mil (550 km) tenggara Baghdad, Irak, 21 Februari 2017.

Pasar minyak mentah lesu di awal pekan ini karena para pedagang enggan mengambil posisi menjelang pertemuan OPEC, yang akan membahas perpanjangan kebijakan pemotongan produksi, pada akhir bulan ini.

Harga minyak mentah Brent, yang menjadi acuan harga minyak dunia, melemah 26 sen atau 0.4 persen dari penutupan sebelumnya, menjadi 62.46 dolar per barel pada pukul 0052 GMT, Senin (20/11).

Harga minyak Amerika, West Texas Intermediate, naik dua sen menjadi 56.57 dolar per barel dari penutupan sebelumnya.

Para pedagang mengatakan mereka menghindari mengambil posisi baru dalam jumlah besar karena pasar masih tidak pasti.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), bersama dengan produsen non-OPEC yang dipimpin Rusia, telah menahan produksi sejak awal tahun ini untuk mengurangi kelebihan pasokan minyak dunia dan menaikkan harga minyak.

Kesepakatan ini akan berakhir pada Maret 2018, namun OPEC akan bertemu pada 30 November untuk membahas kelanjutan kebijakan ini.

OPEC diperkirakan akan menyetujui perpanjangan kebijakan pemotongan produksi karena cadangan minyak masih tetap tinggi, walaupun ada pemakaian. Namun ada keraguan mengenai kesediaan beberapa peserta untuk terus membatasi produksi. [fw/au]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG