Tautan-tautan Akses

PBB Setujui Pengiriman Bantuan Kesehatan ke Korea Utara


Warga Pyongyang, Korea Utara mengenakan masker saat naik bus, di tengah perebakan virus korona di negara tetangganya, Korea Selatan.
Warga Pyongyang, Korea Utara mengenakan masker saat naik bus, di tengah perebakan virus korona di negara tetangganya, Korea Selatan.

Doctors without Borders, sebuah organisasi bantuan kesehatan internasional, mendapat izin dari Komite Sanksi PBB untuk mengirim bantuan & peralatan guna mencegah penyebaran virus korona ke Korea Utara.

Barang-barang yang disetujui termasuk kacamata pelindung, thermometer, stetoskop, serta peralatan untuk mendiagnosa pasien yang memiliki gejala mirip flu. Pengecualian ini berlaku sejak Februari hingga Agustus 2020.

Korea Utara kini meningkatkan kewaspadaannya. Seluruh masyarakat diminta “patuh total” mengikuti arahan dari otorita pusat kesehatan negara.

Begitu seluruh bantuan kesehatan dan alat diagnosa tiba, para pakar kesehatan di Korea Utara diyakini telah memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk melakukan “uji coba penyakit menular.”

Virus korona ditakutkan menyebar dari negara tetangganya, China, sehingga Korea Utara pun bertindak cepat. Mereka menutup seluruh perbatasannya dengan China dan memutus seluruh jalur transportasi dengan China awal Februari lalu. [ti/ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG