Tautan-tautan Akses

PBB Butuhkan $278 Juta Dolar untuk Lawan Pelanggaran HAM di Seluruh Dunia


Seorang pria memerika kerusakan pasca serangan udara koalisi pimpinan Saudi di Sanaa, Yaman (foto: dok). Menurut kantor HAM PBB, komitmen untuk menegakkan nilai-nilai HAM di daerah konflik seperti Suriah, Yaman, Kongo, Burundi dan Myanmar sangat rendah.

Kantor HAM PBB meminta sumbangan sukarela sebesar 278,3 juta dolar untuk memantau pelanggaran HAM di seluruh dunia dan membantu mencegah kekerasan.

Kantor HAM PBB memperingatkan kemunduran global dalam pelaksanaan HAM. PBB mengatakan ini tampak sangat nyata dengan lambannya komitmen pemerintah untuk menegakkan nilai-nilai HAM di tempat-tempat seperti Suriah, Yaman, Republik Demokratik Kongo, Burundi dan Myanmar.

Juru bicara kantor HAM PBB Liz Throssell mengatakan kurangnya komitmen ini berarti kurangnya dukungan dari masyarakat internasional untuk menyediakan dana yang diperlukan untuk melaksanakan tugas penting lembaga tersebut.

Ia mengatakan kepada VOA bahwa kisah-kisah sukses kantor itu seringkali tidak diketahui. Misalnya, bantuan yang diberikan kepada para korban penyiksaan atau penganiayaan biasanya jauh dari sorotan media..

"Melalui dana sukarela yang kami miliki, 45.000 korban penyiksaan mendapat bantuan rehabilitasi. Rekan-rekan kami yang bekerja di 60 lebih kantor kami di seluruh dunia atau di lapangan memantau 567 sidang pengadilan. Banyak pelatihan diadakan di seluruh dunia tapi mungkin itu tidak cukup menarik untuk diberitakan. Tapi, sesungguhnya ini sangat penting dan mendasar," ungkapnya.

Throssell mengatakan kursus pelatihan ini menunjukkan pada pemerintah dan masyarakat sipil bagaimana memantau pelanggaran HAM, bagaimana mendapat keadilan, dan bagaimana menetapkan standar anti-diskriminasi.

Saat ini, hanya 63 negara yang memberikan kontribusi sukarela kepada Kantor HAM. Throssell mengatakan daftar negara donor perlu diperluas. Ia mengatakan Norwegia dan negara-negara Skandinavia lain berjanji untuk meningkatkan sumbangan mereka.

Namun, Throssell mengatakan masih belum ada jaminan dari Amerika yang sejak lama menjadi donor terbesar kantor HAM itu. Kongres Amerika sedang membahas masalah ini dan akan mengambil keputusan menjelang akhir Maret. Tahun lalu, sumbangan sukarela Amerika hanya 20 juta dolar lebih. Tahun ini, ada pertanyaan mengenai berapa banyak Amerika akan menyumbang setelah pemerintahan Trump bulan Desember mengumumkan pemangkasan 285 juta dolar sumbangan Amerika secara keseluruhan pada PBB, karena kata pemerintah Amerika, PBB tidak efisien dan boros dalam pengeluaran. [my/ii]

XS
SM
MD
LG