Tautan-tautan Akses

PBB: Negara-negara Perlu Berbagi Informasi Soal Penumpang Pesawat


Tersangka pembajak pesawat EgyptAir, Seif Eddin, mengacungkan jari tanda kemenangan saat meninggalkan pengadilan di Larnaca, Siprus. (Foto: Dok)

Wakil Sekretaris Jenderal PBB urusan politik, Jeffrey Feltman, meminta agar negara-negara berbagi informasi tentang penumpang pesawat sebagai bagian dari peningkatan tindakan terhadap pertumbuhan ‘terorisme transnasional’ karena kelompok Negara Islam (ISIS) memperluas wilayah yang jadi sasaran untuk diserang.

Feltman mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB hari Selasa (7/2), meskipun pendapatan dan wilayah kekuasaan kelompok ekstremis itu bertambah kecil, ISIS tampaknya masih mempunyai cukup dana untuk melanjutkan pertempuran.

Terlebih lagi, katanya, ISIS telah memperluas serangannya dari Suriah dan Irak ke negara-negara tetangga dan terus menggerakkan pengikutnya di Eropa, Afrika, dan di wilayah-wilayah lain untuk melancarkan serangan.

Feltman mengatakan, jumlah orang asing pejuang ISIS yang meninggalkan pertempuran di Irak dan Suriah juga menjadi tantangan keamanan yang bertambah besar dan berpotensi menimbulkan risiko bagi negara asal mereka dan negara yang mereka lalui. [ps/al]

XS
SM
MD
LG