Tautan-tautan Akses

PBB: Jutaan Orang di Nigeria Berisiko Kelaparan


Kawasan di sekitar Danau Chad yang sering menjadi sasaran serangan militan Boko Haram (foto: ilustrasi).

Menjelang imbauan bagi dana baru, seorang pejabat senior PBB hari Rabu (22/2) mengatakan lebih dari tujuh juta orang berisiko kelaparan di wilayah timur laut Nigeria dan sekitar Danau Chad.

Kelaparan telah berlangsung sejak tahun lalu di bagian-bagian Nigeria di mana selama tujuh tahun ini pemerintah memerangi pemberontak Boko Haram.

Konferensi donor internasional di Oslo hari Jumat bertujuan mendapatkan tambahan 1,5 miliar dolar yang dibutuhkan PBB untuk mengatasi kerawanan pangan yang memburuk tahun ini di wilayah tersebut.

Awal pekan ini PBB mengatakan 1,4 juta anak berisiko menghadapi "kematian segera" akibat kelaparan di Nigeria, Sudan Selatan, Somalia dan Yaman.

Kepada kantor berita Reuters, Toby Lanzer, koordinator kemanusiaan PBB untuk wilayah Sahel, mengatakan ia khawatir pemberontakan Boko Haram akan menghalangi petani bercocok tanam setelah tiga musim tanam terakhir tidak ada kegiatan penanaman, dan bahwa jumlah nyawa yang terancam bisa bertambah. Ia juga menyatakan keprihatinan musim hujan yang akan datang bisa membahayakan orang yang rentan.

Lanzer berharap 500 juta dolar akan dijanjikan sampai akhir Februari ini, termasuk putaran pendanaan minggu ini. [ka/ds]

XS
SM
MD
LG