Tautan-tautan Akses

PBB: Israel, Para Pemukim Yahudi Blokir Air ke Warga Palestina


Anak-anak Palestina membawa botol-botol air ke kamp pengungsi Al-Shati di kota Gaza (foto: dok). Laporan PBB menyatakan, air tidak mencukupi  di Tepi Barat, Yerusalem Timur dan Gaza.

Badan hak asasi manusia utama PBB, hari Jumat (1/10), menyalahkan Israel karena tidak memberi warga Palestina, di Tepi Barat yang diduduki Israel, akses yang sama pada sumber daya air.

Kantor berita AP melaporkan Badan HAM itu menambahkan bahwa warga Israel di permukiman-permukiman Yahudi juga telah memblokir air yang dipasok ke Palestina.

Laporan yang dipresentasikan Jumat, di Dewan Hak Asasi Manusia PBB di Jenewa, Swiss, itu mengatakan bahwa air tidak mencukupi bagi warga Palestina di Tepi Barat, Yerusalem Timur, dan Gaza.

“Laporan itu juga menemukan bahwa air tidak didistribusikan secara merata antara warga Palestina dan Israel karena keengganan Israel untuk menyetujui proyek air yang diusulkan oleh Palestina,” kata Christian Salazar Volkmann, Direktur Operasi Lapangan dan Divisi Kerjasama Teknis, Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR), selama sesi Dewan mendengarkan presentasi laporan itu.

“Kualitas air di Gaza rendah, dan 96% rumah tangga mendapat air yang tidak memenuhi standar kualitas air minum,” kata Volkmann.

Pemerintah Israel sering mengecam 47 anggota Dewan Hak Asasi Manusia PBB yang mereka nilai "bias" terhadap Israel.

Perwakilan Israel tidak hadir ketika laporan itu dibacakan di Jenewa. [my/pp]

Lihat komentar (5)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG