Tautan-tautan Akses

PBB akan Putuskan Nasib 'Penjagal Balkan' Bulan Depan


Ratko Mladic saat menghadiri sidang pengadilan di Mahkamah Kejahatan Internasional, Den Haag, Belanda (foto: dok).
Ratko Mladic saat menghadiri sidang pengadilan di Mahkamah Kejahatan Internasional, Den Haag, Belanda (foto: dok).

Panel hakim PBB akan memutuskan pekan depan mengenai sebuah vonis dalam persidangan mantan pemimpin tentara Serbia Bosnia Ratko Mladic, yang dituduh melakukan kejahatan perang dalam konflik di Balkan selama tahun 1990an.

Mladic, yang dijuluki "Penjagal Balkan," adalah tentara terakhir yang menghadapi dakwaan kejahatan perang di pengadilan, yang dibentuk untuk menanggapi akibat-akibat dari perang Bosnia yang berkecamuk dari tahun 1992 sampai 1995.

Mladic telah didakwa dengan 11 tuduhan genosida, kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan atas perannya dalam memimpin serangan penembak jitu di Sarajevo dan pembunuhan 8.000 Muslim di Srebrenica.

Jaksa telah meminta Mahkamah Kejahatan Internasional untuk menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada Mladic. Tahun lalu, pengacara Alan Tieger mengatakan hukuman lebih ringan dari hukuman seumur hidup merupakan "penghinaan terhadap korban, yang hidup dan mati, dan penghinaan terhadap keadilan."

Pengacara Mladic, Dragan Ivetic, menuduh jaksa berusaha membuat mantan jenderal itu menjadi "domba kurban simbolis untuk rasa bersalah" dari semua orang Serbia selama perang.

Dia meminta agar Mladic dibebaskan atas semua tuduhan. [as]

Recommended

XS
SM
MD
LG