Tautan-tautan Akses

PBB Ajukan Permohonan Dana $ 35 Miliar untuk Bantuan Global 2021


Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres berbicara dalam konferensi pers di markas besar PBB di New York City, New York, AS, 20 November 2020. (Foto: Reuters)

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Selasa (1/12) meminta dana $ 35 miliar untuk memberikan dukungan kemanusiaan untuk menyelamatkan jiwa bagi 160 juta orang tahun depan. Ambruknya ekonomi akibat pandemi virus corona telah mengakibatkan jutaan orang jatuh ke dalam kemiskinan ekstrem di seluruh dunia.

“Konflik, perubahan iklim, dan Covid-19 telah menciptakan tantangan kemanusiaan terbesar sejak Perang Dunia Kedua,” kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dalam pesan yang direkam untuk permintaan dana tersebut.

Dia meminta negara-negara donor untuk membantu negara-negara yang berisiko terbesar “pada saat-saat paling sulit.”

PBB mengatakan kebutuhan sebenarnya bahkan lebih tinggi – sekitar 235 juta orang, atau satu dari setiap 33 orang di planet ini, membutuhkan bantuan atau perlindungan. Ini adalah peningkatan 40 persen dalam tahun 2020.

Kini ada lebih dari 63 juta kasus Covid-19 terkonfirmasi di seluruh dunia, penyakit yang disebabkan oleh virus corona, menurut data dari Universitas Johns Hopkins, yang telah melacak penyebaran pandemi itu. Hampir 1,5 juta orang telah meninggal dan puluhan juta kehilangan pekerjaan dan mata pencaharian selama terjadi lockdown atau penghentian kegiatan yang diberlakukan untuk menghentikan penyebaran virus itu. [lt/ab]

XS
SM
MD
LG