Tautan-tautan Akses

Kabinet Biden Tunjuk Duta Besar untuk PBB


Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Afrika Linda Thomas-Greenfield, kanan, bersaksi selama sidang Komite Hubungan Luar Negeri Senat di Capitol Hill di Washington, 9 Januari 2014. (Foto: AP)

Presiden AS terpilih, Joe Biden menunjuk diplomat veteran Linda Thomas-Greenfield untuk bergabung dengan Kabinet mendatang sebagai Duta Besar PBB, tim transisinya mengumumkan pada hari Senin (23/11). Jabatan itu harus disetujui oleh Senat.

Thomas-Greenfield bekerja di pemerintahan Demokrat dan Republik selama 35 tahun karirnya di Departemen Luar Negeri. Ia seorang ahli mengenai Afrika dan pernah menjabat sebagai Duta Besar AS untuk Liberia, serta memegang jabatan di Kenya, Gambia dan Nigeria.

Di bawah pemerintahan Presiden Barack Obama, ia menjabat sebagai Asisten Sekretaris untuk Biro Urusan Afrika (2013-2017), mengembangkan dan mengelola kebijakan Washington untuk sub-Sahara Afrika. Ia juga pernah bekerja di Jenewa dalam misi AS untuk PBB.

Thomas-Greenfield adalah mantan manajer senior di Departemen Luar Negeri, di mana dia menjabat sebagai Direktur Jenderal Layanan Luar Negeri dan Direktur Sumber Daya Manusia dari tahun 2012 hingga 2013, menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan 70 ribu karyawan Departemen Luar Negeri.

“Saya mendapat kehormatan untuk membangun hubungan dengan para pemimpin di seluruh dunia selama tiga puluh lima tahun terakhir. Sebagai Duta Besar AS untuk PBB, saya akan bekerja untuk memulihkan posisi Amerika di dunia dan memperbarui hubungan dengan sekutu kita," cuitnya di Twitter. [ps/pp]

XS
SM
MD
LG