Tautan-tautan Akses

Paus Fransiskus: Salahkan Migran atas Kejahatan, Tidak Dapat Diterima


Paus Fransiskus dalam miisa untuk Santa Perawan Guadalupe (Our Lady of Guadalupe) di Basilika Santo Petrus di Vatikan, 12 Desember 2018. (Foto: dok).

Paus Fransiskus menyatakan pidato-pidato politik yang mengusik kaum migran dan miskin “sama sekali tidak dapat diterima.”

Paus Fransiskus mengeluarkan pesan perdamaian tahunannya, yang tahun ini didedikasikan pada perlunya bagi politik untuk mendorong perdamaian. Dalam menyebut kebajikan-kebajikan dan keburukan politik, Paus menyatakan nasionalisme adalah salah satu ancaman bagi perdamaian karena hal itu menghancurkan kepercayaan di dunia yang terglobalisasi.

Pelanggaran lainnya terhadap perdamaian, kata Paus Fransiskus hari Selasa, adalah proliferasi senjata dan teror yang digunakan terhadap mereka yang tidak bersalah dan rentan yang memaksa mereka meninggalkan rumah untuk menyelamatkan diri.

Ia mengatakan, “Pidato-pidato politik yang cenderung menyalahkan setiap kejahatan pada kaum migran dan merenggut harapan dari kaum miskin sama sekali tidak dapat diterima. Sebaliknya justru ada kebutuhan untuk menegaskan kembali bahwa perdamaian didasarkan pada respek terhadap setiap orang.” [uh]

XS
SM
MD
LG