Tautan-tautan Akses

Paus Fransiskus Rayakan Kamis Putih dengan Kardinal yang Dipecat


Paus Fransiskus memimpin Misa Krisma di Basilika Santro Petrus, Vatikan, Kamis 1 April 2021. Dalam Misa Krisma, Paus memberkati minyak suci yang digunakan untuk sakramen tahun ini.

Paus Fransiskus merayakan Misa Kamis Putih (1/4) dengan kardinal yang dipecatnya tahun lalu.

Paus secara luar biasa mengulurkan tangan pada Kardinal Angelo Becciu ketika merayakan liturgi yang memperingati perjamuan terakhir Yesus bersama para rasul sebelum penyaliban dirinya.

Berita tentang misa pribadi ini dikonfirmasikan oleh sekretaris pribadi Kardinal Becciu. Sebagai tambahan, seorang sahabat lama yang berhubungan dengan Becciu selesai lawatan Paus itu mengatakan, kardinal merasa sangat gembira dengan pertemuan itu.

Seorang pejabat Vatikan mengatakan, dia tidak bisa mengkonfirmasi prakarsa pribadi Fransiskus itu, tetapi menambahkan “uluran tangan seorang bapak seperti itu tidak tampak aneh pada saat seperti hari ini, Kamis Putih.”

Lawatan ini memiliki bobot simbolis yang besar dan kemungkinan menunjukkan Paus sadar dia berbuat kesalahan ketika menangani kasus Becciu.

Paus Fransiscus selalu menyebut misa Kamis Putih sebagai sebuah upacara pertobatan dan pelayanan.

Paus memaksa pengunduran diri Becciu pada 24 September, keputusan yang tampaknya didasarkan pada tuduhan yang termuat dalam sebuah artikel yang belum diterbitkan di majalah Italia l’Espresso, bahwa Becciu telah mengirim 100 ribu Euro dana Tahta Suci kepada badan amal keuskupan yang dipimpin oleh kakak Becciu.

Becciu waktu itu menjadi orang kedua di sekretariat negara Vatikan yang memiliki kewenangan penuh untuk mengelola portfolio aset milik departemennya, termasuk penggunaannya untuk sumbangan amal.

Becciu mengaku dia mengirim dana itu kepada badan amal tersebut, tetapi bukan kepada kakaknya, dan memberi tahu wartawan bahwa tidak ada kesalahan yang dibuatnya. Uang itu tidak pernah diambil dari rekening bank keuskupan itu.

Becciu telah mengajukan sebuah tuntutan hukum terhadap L’Espresso senilai 10 juta Euro dengan tuduhan pencemaran nama baiknya. Di dalam tuntutannya dia mengatakan laporan majalah itu dan artikel lain selama berbulan-bulan yang mengutip penuntut Vatikan yang tidak disebutkan namanya, telah merusak reputasi dirinya dan menghilangkan peluangnya untuk menjadi Paus.

Paus Fransiskus merayakan misa dengan Becciu setelah dia membatalkan penyertaannya dalam Misa Kamis Putih Vatikan yang resmi di Basilika Santo Petrus dan mendelegasikan tugas memimpin misa kepada dekan dari Kolegium Para Kardinal. [jm/em]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG