Tautan-tautan Akses

Kasus COVID-19 Melonjak, Warga Spanyol Didesak Batasi Pertemuan Saat Paskah


Orang-orang mengenakan masker saat menghadiri konser musik di Barcelona, Spanyol, 27 Maret 2021.
Orang-orang mengenakan masker saat menghadiri konser musik di Barcelona, Spanyol, 27 Maret 2021.

Dengan lonjakan jumlah kasus baru virus corona, para pejabat di Spanyol pada Senin (29/3) mendesak warga untuk meredam merebaknya pandemi lagi dengan mematuhi pembatasan sosial tentang pergerakan dan pertemuan saat Paskah.

Kepala Satgas Penanganan Pandemi Virus Corona di Italia, Fernando Simon, mengatakan ia yakin Spanyol dapat menjaga agar kalau pun terjadi kenaikan, hal itu berlangsung lambat dan terus mengkampanyekan vaksinasi serta meminta warga disiplin mematuhi pedoman kesehatan selama Minggu Palma menjelang Paskah ini.

“Strateginya adalah menerapkan langkah-langkah itu dengan baik di tingkat nasional dengan semua orang. Baik mereka yang berada di Spanyol, Perancis, Inggris, China, Jepang atau Slovakia – semua sama,” ujar Simon. Meskipun demikian ia mengakui bahwa foto-foto yang menunjukkan wisatawan minum-minum dan bersosialisasi dalam kerumunan yang lebih besar dari yang diizinkan, merupakan fenomena yang mengkhawatirkan.

Spanyol pada Senin (29/3) melaporkan tingkat kasus baru, yaitu 149 kasus per 100 ribu orang selama 14 hari terakhir ini. Naik dari 129 kasus per 100 ribu orang minggu lalu.

Indikator pandemi utama itu mencapai puncaknya, yaitu 900 kasus per 100 ribu orang, pada akhir Januari lalu, dan turun setelah diberlakukannya pembatasan perjalanan dan pertemuan. [em/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG