Tautan-tautan Akses

Paus Fransiskus Jalani Operasi Usus


Paus Fransiskus memimpin Misa di Basilika Santo Petrus, Vatikan, 29 Juni 2021.

Vatikan hari Minggu (4/7) mengatakan Paus Fransiskus dibawa ke rumah sakit Poliklinik Gemelli Roma untuk menjalani operasi usus besar.

Pengumuman singkat dari kantor pers Takhta Suci tidak mengatakan secara pasti kapan operasi akan dilakukan, tetapi mengatakan akan ada pengumuman ketika operasi selesai dilakukan.

Tim dokter Gemelli telah melakukan operasi serupa pada paus sebelumnya, termasuk Paus John Paul II yang memiliki tumor jinak di usus besarnya pada tahun 1992.

Tiga jam sebelumnya Fransiskus dengan riang menyambut publik di Lapangan Santo Petrus sebagaimana yang dilakukan setiap hari Minggu dan mengatakan ia akan terbang ke Hongaria dan Slovakia pada bulan September.

Seminggu sebelumnya, Paus Fransiskus yang berusia 84 tahun, menggunakan kesempatan yang sama untuk meminta doa khusus pada publik bagi dirinya sendiri, yang tampaknya mengisyaratkan pada operasi yang akan dijalaninya.

Vatikan mengatakan Paus telah didiagnosa menderita “stenosis divertikular sismtomatik” pada usus besar, mengacu pada penyempitan di usus besar. Kesehatan Paus secara umum berada dalam kondisi baik, tetapi ketika ia masih muda salah satu bagian paru-parunya telah diangkat. Ia juga menderita sakit linu di bagian panggul, yang kadangkala menimbulkan rasa sakit akibat syaraf yang mempengaruhi bagian bawah punggung dan kaki. [em/jm]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG