Tautan-tautan Akses

Pasukan Ukraina Klaim Peroleh Kemajuan di Kharkiv 


Pasukan Ukraina melewati sebuah hutan setelah merebut sebuah desa di Kharkiv, Ukraina timur (15/5).
Pasukan Ukraina melewati sebuah hutan setelah merebut sebuah desa di Kharkiv, Ukraina timur (15/5).

Ukraina, Senin (16/5) mengatakan pasukannya telah mendesak mundur pasukan Rusia di wilayah Kharkiv dalam serangan balasan yang memungkinkan Ukraina mencapai perbatasan Rusia.

Kementerian Pertahanan Ukraina memposting video yang menunjukkan apa yang dikatakannya pasukan Ukraina di perbatasan, dengan seorang tentara memberi tahu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, mereka ada di sana.

Seorang pejabat senior Pertahanan AS mengatakan pasukan Ukraina berada dalam jarak tiga atau empat kilometer dari perbatasan Rusia.

Setelah memukul mundur kemajuan Rusia di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, pasukan Ukraina telah merebut kembali daerah di wilayah tersebut dan berusaha mendesak Rusia dari daerah yang dikuasainya di Izyum ketika Rusia berfokus pada wilayah tenggara Donbas.

"Kremlin bermimpi merebut Kyiv, Kharkiv dan Odesa, lalu setidaknya wilayah Donetsk dan Luhansk . Sekarang, pasukan Rusia terkonsentrasi di wilayah Luhansk karena kurangnya pasukan. Kami melanjutkan perlawanan terhadap megalomania kekaisaran dan membuat Moskow menghadapi kenyataan," kata penasihat Zelenskyy, Mykhailo Podolyak di Twitter, Senin.

Donetsk dan Luhansk berada di wilayah Donbas.

Zelenskyy dalam pidato video Minggu malam mengatakan Ukraina sedang mempersiapkan melawan serangan baru Rusia di Donbas dan Ukraina selatan.

"Para penjajah masih tidak mau mengakui bahwa mereka berada di jalan buntu dan apa yang disebut 'operasi khusus' mereka telah gagal," kata Zelenskyy.

Di Washington, pejabat senior pertahanan AS melaporkan pertempuran sengit artileri, terjadi pada hari Senin di Donetsk, tetapi mengatakan kemajuan Rusia "tidak merata, lambat, bertahap, singkat dan kecil." [my/jm]

XS
SM
MD
LG