Tautan-tautan Akses

Ukraina Katakan Pasukannya Dorong Mundur Pasukan Rusia di Kharkiv


Prajurit Ukraina berjalan di hutan dekat desa yang baru saja direbut kembali, utara Kharkiv, Ukraina timur, Minggu, 15 Mei 2022. (Foto: AP)
Prajurit Ukraina berjalan di hutan dekat desa yang baru saja direbut kembali, utara Kharkiv, Ukraina timur, Minggu, 15 Mei 2022. (Foto: AP)

Ukraina mengatakan, Senin (16/5), pasukannya telah mendorong mundur pasukan Rusia di wilayah Kharkiv dalam serangan balasan yang memungkinkan pasukan Ukraina mencapai perbatasan Rusia.

Kementerian pertahanan Ukraina mengunggah video yang menunjukkan apa yang dikatakan pasukannya di perbatasan. Seorang tentara memberi tahu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, “Kami di sini.”

Belum ada konfirmasi tentang perkembangan tersebut.

Setelah memukul mundur Rusia di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, pasukan Ukraina telah merebut kembali wilayah di sana dan berusaha mendorong Rusia dari Izyum sementara negara itu berfokus pada wilayah Donbas di Ukraina timur.

"Kremlin bermimpi merebut Kyiv, Kharkiv dan Odesa, serta setidaknya wilayah Donetsk dan Luhansk," kata penasihat Zelenskyy, Mykhailo Podolyak, di Twitter, Senin (16/5).

Zelenskyy mengatakan dalam pidato video pada Minggu (15/5) malam bahwa Ukraina sedang mempersiapkan serangan baru Rusia di Donbas dan Ukraina selatan.

Rusia memperingatkan Senin tentang "konsekuensi luas" jika Finlandia dan Swedia bergabung dengan aliansi militer NATO. Kantor berita Rusia mengutip Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov yang mengatakan "tingkat ketegangan militer secara umum akan meningkat," dan bahwa keamanan Finlandia dan Swedia tidak akan membaik.

Presiden Finlandia Sauli Niinisto dan Perdana Menteri Sanna Marin mengumumkan upaya menjadi anggota NATO pada Minggu (15/5) di istana presiden di Helsinki.

Swedia juga diperkirakan akan bergabung dengan aliansi itu, mengakhiri dua abad nonblok militer. Partai yang berkuasa di Swedia Minggu membatalkan tentangannya.

Proses masuknya kedua negara Nordik menjadi anggota NATO kemungkinan akan cepat. Sekjen NATO Jens Stoltenberg dalam beberapa hari terakhir mengatakan bahwa mereka akan disambut. [ka/ab]

XS
SM
MD
LG