Tautan-tautan Akses

Pasukan Suriah Terus Maju di Idlib


Para pemberontak Suriah duduk di luar Idlib, Suriah, 15 Februai 2020. (AP Photo)

Pasukan pemerintah Suriah, Minggu (16/2), merebut kontrol beberapa desa di Provinsi Idlib dan Aleppo, dalam upaya untuk terus merebut wilayah dari pemberontak.

Sumber-sumber lokal melaporkan bahwa pasukan yang setia kepada rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad merebut beberapa desa dekat Kota Khan Sheikhoun di Idlib, sambil terus merangsek maju di desa Maarat Al-Ateeq, Babis dan beberapa desa lain di pinggiran Aleppo. Desa-desa itutelah dikendalikan para pemberontak Suriah selama hampir delapan tahun.

Pemantau HAM Suriah, pengawas perang yang memiliki periset di seluruh negara yang dikoyak perang itu, mengatakan bahwa bentrokan sengit terus berlanjut Minggu (16/2) antara pasukan pemerintah Suriah di satu sisi dan para pemberontak dan militan jihadis di sisi lain.

Kantor berita SANA juga melaporkan pasukan Suriah berhasil menggerus kekuatan "kelompok-kelompok teroris" dengan memperluas operasi mereka di berbagai front di pinggiran Aleppo dan beberapa bagian Idlib. Media milik pemerintah di Suriah menyebut semua kelompok bersenjata di negara itu sebagai teroris.

Pertempuran ini terjadi dua hari setelah pasukan pemerintah Suriah merebut jalan raya M5, yang menghubungkan ibu kota Suriah, Damascus, di selatan dengan Aleppo di utara. Bagian utara dari jalan yang strategis itu telah dikuasai pemberontak sejak awal perang Suriah pada 2012. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG