Tautan-tautan Akses

Pasukan Suriah Dukungan AS Masih Terus Buru Militan ISIS


Anggota Pasukan Demokratik Suriah (SDF) memeriksa militan ISIS yang menyerah di Baghuz, Suriah timur.

Lebih dari seminggu setelah menyatakan kemenangan atas kekhalifahan ISIS yang dideklarasikan sendiri, pasukan yang didukung AS masih berupaya membersihkan benteng terakhir kelompok teroris itu.

Seorang juru bicara Pasukan Demokratik Suriah, SDF mencuit hari Selasa (2/4), operasi pembersihan di kota Baghuz, Suriah itu termasuk perburuan terhadap anggota ISIS yang belum menyerah.

"SDF menyisir daerah Baghouz dan sekitarnya," kata juru bicara Mustafa Bali. "Masih ada sebagian teroris yang bersembunyi di gua di sekitar gunung Baghouz."

Secara terpisah, Badan Pengawas HAM Suriah yang berkantor di London mengatakan, para pengamatnya di Suriah memperkirakan, terdapat sebanyak 4.000 sampai 5.000 pejuang ISIS dan operasi di daerah yang dikendalikan SDF.

Sejumlah pejabat SDF menyatakan kemenangan atas kekhalifahan ISIS pada 23 Maret, menyusul serangan udara berat beberapa malam terhadap kelompok beberapa ratus pejuang di Baghuz, yang menolak menyerah setelah dikepung lama.

Pejabat tinggi AS juga memperingatkan jatuhnya kekhalifahan ISIS itu tidak berarti berakhirnya pertempuran, mencatat perkiraan intelijen AS yang mengatakan bahwa, setidaknya, masih ada "puluhan ribu" pejuang ISIS yang tersebar di Suriah dan Irak. (ps)

XS
SM
MD
LG