Tautan-tautan Akses

Pasukan Keamanan Memperkecil Serangan Bom Mobil di Mogadishu


Seorang tentara Somalia berjaga dekat kendaraan yang rusak akibat bom mobil di Mogadishu yang menewaskan 3 orang, 4 Agustus 2017. (Foto:dok)

Sedikitnya 3 orang luka Kamis (10/8) setelah sebuah bom mobil meledak di Mogadishu.

Para pejabat Somalia mengatakan, mobil itu meledak di Maka al-Mukaramah, jalan paling ramai di Mogadishu, beberapa menit setelah mobil itu dihentikan oleh tentara.

Seorang pejabat Somalia yang tidak mau disebut namanya mengatakan kepada VOA, “ Penyerang itu digagalkan ketika pasukan keamanan yang mengikuti mobil itu dari dekat menghentikan kendaraan itu.”

Pejabat itu mengatakan, sasaran serangan itu tidak jelas.

Sementara itu, presiden Somalia Mohamed Abdullahi Farmajo mengatakan hari Kamis dia telah memberi otorisasi dilakukannya serangan terkoordinasi dengan mitra-mitra internasional yang membunuh seorang pemimpin tingkat tinggi al-Shabab yang mendalangi pemboman di Mogadishu dan pembunuhan-pembunuhan lainnya.

Presiden mengatakan dalam pernyataan, “Dalam dua pekan yang lalu ini, pasukan keamanan Somalia yang berani telah berhasil membubarkan banyak pusat pajak al-Shabab dan menyingkirkan gubernur utama al-Shabab, Ali Mohamed Hussein atau Ali Jabal.’’

Komando Afrika Amerika mengukuhkan pekan lalu bahwa serangan udara telah menewaskan anggota senior al_Shabab Hussein, yang berfungsi sebagai gubernur bayangan kelompok itu untuk daerah Mogadishu. (sp/ii)

XS
SM
MD
LG