Tautan-tautan Akses

Pasukan Irak Rebut Mosul Timur


Warga memberi ucapan selamat kepada Letjen Riyadh Jalal Tawfiq (dua dari kanan), komandan pasukan darat Iran saat pasukan keamanan sedang berpatroli di wilayah timur kota Mosul, Irak, 18 Januari 2017. (AP Photo/ Khalid Mohammed).

Komandan pasukan kontra-terorisme Irak, Jenderal Talib al-Shaghat, menyebut keberhasilan pasukan Irak ini belum pernah terjadi sebelumnya. Namun menurutnya, masih ada beberapa kawasan kecil di Mosul utara yang masih perlu diamankan.

Bagian timur Mosul telah sepenuhnya dibebaskan dari kelompok ISIS setelah sebuah serangan besar-besaran digelar di sana sejak bulan lalu.

Berbicara pada sebuah konferensi pers, Rabu (18/1), komandan pasukan Irak, Jenderal Talib al-Shaghati mengatakan, pasukan Irak telah berhasil merebut kawasan-kawasan permukiman yang tadinya masih dikuasai ISIS di sisi timur Sungai Tigris, yang membagi kota itu dalam dua distrik.

Shaghati, yang mengomandoi pasukan kontra-terorisme, menyebut keberhasilan pasukan Irak ini belum pernah terjadi sebelumnya. Namun ia juga mengatakan, masih ada beberapa kawasan kecil di Mosul utara yang masih perlu diamankan.

Perebutan Mosul timur terwujud tiga bulan setelah pasukan Irak mulai membombardir kota itu Oktober tahun lalu.

Kelompok ISIS menguasai Mosul sejak dua setengah tahun lalu, Mosul adalah kota terbesar kedua di Irak. [ab/as]

XS
SM
MD
LG