Tautan-tautan Akses

Irak Semakin Maju di Mosul, Taktik ISIS Mengendur


Tentara pasukan khusus Irak Letkol Ali Hussein memegang pesawat tak berawak yang digunakan ISIS dan ditembak brigadenya, di Mosul, Irak. (Foto: Dok)
Tentara pasukan khusus Irak Letkol Ali Hussein memegang pesawat tak berawak yang digunakan ISIS dan ditembak brigadenya, di Mosul, Irak. (Foto: Dok)

Penggunaan pesawat tak berawak ini semakin berkurang sementara tentara Irak semakin banyak merebut daerah di dalam kota Mosul.

Kelompok militan Negara Islam (ISIS) memasang bom pada truk dan pesawat tak berawak kecil guna menyerang pasukan Irak yang sedang berusaha merebut Mosul.

Tetapi taktik-taktik ini semakin jarang dan tidak efektif, kata komandan Amerika Serikat Kolonel Brett Sylvia di Irak, yang memimpin sekitar 1.700 tentara Amerika yang diperbantukan dalam operasi merebut Mosul.

Berbicara kepada wartawan lewat telekonferensi dari Baghdad, Rabu (11/1), Sylvia mengatakan, pasukan AS membantu Irak menjatuhkan lebih dari 10 pesawat tak berawak ISIS, yang mengumpulkan intelijen dan menjatuhkan bahan peledak kecil di atas pasukan Irak.

“Ini adalah pesawat tak berawak dengan jarak tempuh pendek, menyasar pasukan Irak,” katanya, dan pesawat tak berawak itu adalah “quadcopters” yang komersial dan dijual online.

Kata Kolonel Sylvia, penggunaan pesawat tak berawak ini semakin berkurang sementara tentara Irak semakin banyak merebut daerah di dalam kota Mosul.

Petugas polisi Irak baru-baru ini merebut sebuah tempat peluncuran pesawat tak berawak dan beberapa suku cadang pesawat itu tertinggal ketika anggota ISIS melarikan diri. [jm]

XS
SM
MD
LG