Tautan-tautan Akses

Pasca KTT Iklim AS, Brazil Pangkas Anggaran Lingkungan


Pemandangan udara menunjukkan sebidang hutan yang gundul di Amazon dekat Porto Velho, Negara Bagian Rondonia, Brazil, 17 September 2019. (Foto: Reuters)

Presiden Brazil Jair Bolsonaro menyetujui pemotongan 24 persen anggaran lingkungan untuk tahun 2021 dibandingkan anggaran tahun lalu, menurut angka resmi yang diterbitkan pada hari Jumat (23/4). Kebijakan itu dilakukan hanya satu hari setelah dia berjanji untuk meningkatkan pagu anggaran untuk memerangi deforestasi.

Berbicara pada hari Kamis (23/4) di pertemuan puncak yang diselenggarakan oleh Presiden AS Joe Biden, Bolsonaro berjanji untuk menaikkan anggaran untuk penegakan lingkungan dan mengakhiri deforestasi ilegal pada tahun 2030.

Pemerintah AS memuji target tersebut, bagian dari perubahan nada pemimpin sayap kanan. Banyak pencinta lingkungan mengatakan mereka tidak akan menanggapi retorika dengan serius sebelum melihat kemajuan nyata

Kurang dari 24 jam kemudian, Bolsonaro menandatangani anggaran federal 2021 yang mencakup 2 miliar reais atau sekitar Rp5,3 triliun untuk Kementerian Lingkungan dan lembaga yang diawasinya. Menurut surat kabar resmi pemerintah, angka tersebut turun dari 2,6 miliar reais yang awalnya disetujui tahun lalu. Alokasi anggaran dapat disesuaikan sepanjang tahun.

Bolsonaro memveto daftar ketentuan anggaran lingkungan senilai 240 juta reais, termasuk pengeluaran untuk lingkungan.

Kantor Bolsonaro mengarahkan pertanyaan ke Kementerian Ekonomi. Kementerian mengatakan anggaran lingkungan sekarang sejalan dengan apa yang awalnya diusulkan oleh presiden, dan veto menangkal peningkatan pengeluaran yang disetujui oleh Kongres.‚Äč [ah]

Lihat komentar (1)

Recommended

XS
SM
MD
LG