Tautan-tautan Akses

Pasar musiman akhir tahun atau holiday market kini sedang bermunculan di berbagai tempat di AS, termasuk di ibukota, Washington DC. Selama 13 tahun terakhir, pasar unik ini telah menjadi tempat untuk berbelanja sekaligus mencari hiburan bagi penduduk setempat sejak setelah Thanksgiving dan berlangsung sampai hari Natal.

Semangat liburan sangat terasa di holiday market di pusat kota Washington DC. Disini, sebagian pengunjung sibuk berbelanja, sebagian lainnya asyik menikmati hiburan musik di tengah suasana meriah serta dekorasi khas akhir tahun yang memanjakan mata.

Seorang pengunjung, David Schindler, mengatakan pasar musiman ini memberikan peluang untuk berkumpul bersama banyak orang.

“Orang-orang bisa berkumpul daripada diam di rumah dan menonton TV. Kita bisa berkumpul dan mendengarkan musik yang asyik dan berbelanja. Ini mengingatkan saya akan pasar-pasar di Eropa," ujarnya.

Tradisi pasar di udara terbuka musiman dimulai di Eropa pada akhir Abad Pertengahan dan dibawa ke AS oleh para imigran Jerman.

Aneka kerajinan buatan tangan dijual di pasar Washington DC yang dibanjiri warga setempat serta wisatawan.

Suasana pasar Natal di Washington DC.
Suasana pasar Natal di Washington DC.

Tom Rall adalah penyelenggara holiday market, mengatakan, “Pasar ini didatangi orang-orang yang tinggal di sekitar tempat ini dan juga orang-orang dari luar kota dan luar negeri yang mengunjungi kota wisata ini. Menurut saya keunikannya terletak pada orang-orang yang menjual dan membeli."

160 seniman lokal dan peserta pameran menggelar dagangan mereka. Tahun ini, pakaian bayi dan sabun adalah barang yang paling laris terjual.

Belanja atau tidak, semua menikmatinya – termasuk Crystal Staebell.

"Saya senang sekali dengan suasana pasar ini. Banyak orang berkumpul, mengagumi barang-barang yang dijual. Saya menyukai semua barang-barang buatan tangan, semuanya lokal, jadi tidak ada di tempat lain," katanya.

Selain kerajinan, banyak makanan yang menggugah selera juga ditawarkan disini. Penyelenggara berharap semua orang yang mendatangi holiday market ini mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. [vm/jm]

XS
SM
MD
LG