Tautan-tautan Akses

Partai Konservatif Inggris Mungkin Menangkan Pemilihan


PM Inggris, Theresa May, meninggalkan kediaman resminya di 10 Downing Street, London untuk menjawab pertanyaan anggota House of Parliament hari Rabu, 19 April 2017 (foto: AP Photo/Frank Augstein)

Jajak pendapat menunjukkan dukungan bagi Partai Konservatif yang berkuasa, sekitar 50 persen, dua kali lipat dari dukungan bagi Partai Buruh.

Perdana Menteri Inggris Theresa May tampaknya bakal menang besar dalam pemilu Juni nanti setelah jajak pendapat menunjukkan dukungan bagi partainya, Partai Konservatif yang berkuasa, sekitar 50 persen, dua kali lipat dari dukungan bagi Partai Buruh.

Keputusan May untuk menggelar pemilu 8 Juni mengejutkan lawan-lawan politiknya pekan ini dan serangkaian hasil jajak pendapat yang dirilis Sabtu sore menunjukkan keputusan itu menggalang tingkat dukungan, seperti dikatakan ComRes, yang sangat tinggi yang tidak pernah terjadi bagi partai Margaret Thatcher itu sejak tahun 1991.

May, yang diangkat sebagai perdana menteri saat Inggris sedang kacau setelah hasil referendum memilih keluar dari Uni Eropa Juni lalu, mengatakan ia membutuhkan pemilu guna menegakkan mandatnya sendiri dan memperkuat posisinya dalam perundingan Brexit nantinya. [ka]

XS
SM
MD
LG