Tautan-tautan Akses

AS

Partai Demokrat AS Rayakan Kemenangan Pemilu 2017


Gubernur terpilih Virginia Ralph Northam (kanan) merayakan kemenangan bersama Gubernur petahana Terry McAuliffe dan istrinya Dorothy McAuliffe di Fairfax, Virginia, Selasa malam (7/11).

Demokrat dan sekutu-sekutunya yang progresif di seluruh Amerika merayakan Hari Pemilihan 2017, antara lain kemenangan besar di kontes gubernur di negara bagian Virginia dan New Jersey.

Terpilihnya dua gubernur baru pada Selasa, yakni Ralph Northam di Virginia, dan Phil Murphy di New Jersey, juga dilengkapi dengan pemilihan dua warga Amerika keturunan Afrika, masing-masing sebagai wakil gubernur Virginia, dan wakil gubernur New Jersey.

Pol eksit di Virginia memperlihatkan sepertiga dari pemilih yang hampir semuanya mendukung Northam mengatakan, ini merupakan suara protes terhadap kepemimpinan Trump, setahun setelah dia memenangkan masa jabatan empat tahun sebagai Presiden.

Di Virginia, Northam yang tadinya tidak menduga akan menang, meraih selisih sebesar 9 persen atas mantan ketua partai Republik Ed Gillespie, kandidat yang didukung oleh Trump tetapi oleh Gillespie tidak diminta berkampanye bersama dirinya.

Beberapa jam setelah kemenangannya, Northam mengatakan, “Banyak diskusi tentang makna dari pemilihan ini. Saya berpendapat tidak usah diragukan lagi, beberapa kebijakan yang berasal dari Washington memprihatinkan dan merugikan warga Virginia. Tetapi pesan yang diberikan kemarin, warga Virginia berpesan, tidak hanya kepada seluruh negara, tetapi kepada seluruh dunia, upaya memecah belah, kebencian, sikap tidak toleran, dan politik yang menghancurkan negara kita, itu bukanlah Amerika yang dicintai rakyat.” [jm]

XS
SM
MD
LG