Tautan-tautan Akses

Pariwisata Antariksa Raih Kemenangan Lagi Setelah Misi Pendiri Amazon


Miliarder Jeff Bezos dan perintis penerbang perempuan, Wally Funk, keluar dari wahana antariksa setelah penerbangan ke antariksa dengan roket New Shepard milik Blue Origin, dekat Van Horn, Texas, 20 Juli 2021.

Pendiri perusahaan dagang el (e-commerce) Amazon, Jeff Bezos, minggu ini bergabung dengan miliarder lain, Richard Branson, sebagai orang terkaya yang pernah berada di luar angkasa. Misi Bezos mencatat tonggak sejarah lain dalam usaha antariksa pribadi.

Bezos mengendarai roket New Shepard miliknya. Nama roket itu diambil dari nama astronot pertama AS, Alan Shepard, pada peringatan 52 tahun pendaratan Apollo 11 di bulan.

Di dalam kapsul Blue Origin ada saudara laki-laki Bezos, Mark, perintis penerbangan berusia 82 tahun, Wally Funk, dan Oliver Daemen yang berusia 18 tahun dari Belanda. Funk dan Daemen masing-masing adalah orang tertua dan termuda yang pernah diluncurkan dari planet ini.

Mereka melayang tanpa bobot dalam roket New Shepard selama beberapa menit sebelum mendarat di Texas Barat di mana mereka disambut dengan guyuran sampanye. Bezos mengatakan penerbangan tersebut hanyalah awal untuk kegiatan kewirausahaan di luar angkasa.

“Kami akan membangun jalan menuju luar angkasa sehingga anak-anak kita dan anak-anak mereka dapat membangun masa depan. Kita perlu melakukan itu untuk memecahkan masalah di Bumi ini.”

Blue Origin belum mengungkapkan biaya penumpang untuk penerbangan pada masa depan, tetapi Bezos mengatakan perusahaannya sejauh ini menjual tiket hampir $100 juta . Lelang publik untuk kursi di penerbangan pertama itu menarik $28 juta untuk amal. [lt/em]

XS
SM
MD
LG