Tautan-tautan Akses

Orang Terkaya di Dunia Akan Melesat ke Antariksa


Pendiri Blue Origin Jeff Bezos berbicara saat Kongres Astronautika Internasional ke-70 di Walter E. Washington Convention Center. (Foto: AFP)

Jeff Bezos, orang terkaya di dunia, akan "bergabung dalam klub astronaut" pada Selasa (20/7) dalam peluncuran awak pertama oleh Blue Origin. Itu akan menjadi momen penting baru bagi industri wisata antariksa.

Misi itu akan dilakukan beberapa hari setelah pendiri Virgin Galactic Richard Branson melesat ke antariksa, mendahului pendiri Amazon tersebut.

Namun target Blue Origin lebih tinggi: baik dalam hal ketinggian maupun ambisi masa depan. Mereka mengklaim pesawat antariksanya New Shepard akan melesat lebih tinggi daripada Virgin.

Bezos mendirikan Blue Origin pada 2000, dengan tujuan suatu hari membangun koloni antariksa mengambang dengan gravitasi buatan di mana jutaan orang tinggal dan bekerja.

Kini, perusahaan itu mengembangkan sebuah roket bernama New Glenn dan juga sebuah kendaraan Bulan yang diharapkan bisa menjadi bagian program Artemis NASA.

"Mereka sudah berhasil meluncurkan 15 penerbangan New Shepard tak berawak dan kita telah menunggu bertahun-tahun untuk menyaksikan kapan mereka akan mulai menerbangkan manusia," kata Laura Forczyk, pendiri perusahaan konsultasi antariksa, Astralytical kepada AFP.

New Shepard akan meluncur pada pukul 8:00 waktu Amerika Bagian Tengah (19:00 WIB pada 20 Juli dari sebuah fasilitas terpencil di gurun pasir Texas bernama Launch Site One, sekitar 40 kilometer dari kota terdekat, Van Horn. [vm/ah]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG