Tautan-tautan Akses

AS

Para Pendukung Trump Berdemo di  Washington DC


Seorang pendukung Presiden AS Donald Trump membawa spanduk dalam demo "Stop the Steal" di Washington D.C, untuk memprotes hasil pilpres AS yang diproyeksikan dimenangkan oleh capres Partai Demokrat, Joe Biden, Sabtu, 14 November 2020. (Foto: Reuters)

Para pendukun Presiden AS Donald Trump menggelar beberapa unjuk rasa di Washington DC pada Sabtu (14/11).

Beberapa aksi dijadwalkan pada Sabtu (14/11), termasuk "Pawai Sejuta MAGA," "Perempuan bagi Trump" dan "Stop Pencurian." Demonstrasi itu mendukung klaim-klaim presiden terkait adanya kecurangan dalam pemilihan presiden (pilpres) pada 3 November. Klaim-klaim itu sejauh ini belum terbukti.

Trump telah menolak menyatakan kekalahannya dari mantan wakil presiden Joe Biden dalam pilpres, menuding adanya penyimpangan dalam beberapa negara bagian yang diperebutkan. Para pejabat negara bagian telah melaporkan tidak ada penyimpangan serius dalam pemilu yang bisa mengubah hasil.

Sekitar dua jam sebelum aksi pro-Trump dimulai, iring-iringan kendaraan Trump melintasi jalan Pennsylvania Avenue. Trump tersenyum dan melambaikan tangan ke ratusan demonstran yang memberikan dukungannya kepada presiden yang akan berakhir masa jabatannya itu.

Aksi demonstrasi itu dipromosikan oleh tokoh-tokoh media konservatif serta nasionalis kulit putih. Kelompok-kelompok anti-fasis dan anti-rasisme juga merencanakan demonstrasi tandingan. [vm/ft]

Lihat komentar (5)

XS
SM
MD
LG