Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Uni Eropa Setuju Kurangi Emisi


Seorang aktivis lingkungan berjalan di dalam balon udara sebelum meluncurkannya saat demonstrasi di luar KTT Uni Eropa di Brussel, Kamis, 10 Desember 2020. (Foto: AP)
Seorang aktivis lingkungan berjalan di dalam balon udara sebelum meluncurkannya saat demonstrasi di luar KTT Uni Eropa di Brussel, Kamis, 10 Desember 2020. (Foto: AP)

Para pemimpin Uni Eropa Jumat mencapai kesepakatan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca di blok itu sedikitnya 55 persen dibandingkan dengan kadar tahun 1990, pada akhir dekade ini. Kesepakatan tersebut menghindari kebuntuan yang sangat memalukan menjelang pertemuan iklim PBB akhir pekan ini.

Menyusul diskusi semalaman dalam KTT dua hari mereka di Brussels, ke-27 negara anggota menyetujui proposal komisi eksekutif Uni Eropa untuk memperketat target menengah blok itu untuk mencapai netralitas iklim pada pertengahan abad ini, setelah sekelompok negara yang bersikap enggan dan bergantung pada batu bara akhirnya setuju mendukung sasaran baru itu.

Lima tahun setelah perjanjian iklim Paris, Uni Eropa ingin menjadi pemimpin dalam perang melawan pemanasan global. Namun, para kepala negara dan pemimpin pemerintahan di blok itu tidak dapat menyepakati target-target baru ketika mereka terakhir kali bertemu pada Oktober lalu, terutama karena kekhawatiran finansial di kalangan negara-negara di bagian timur mengenai pendanaan dan cara menangani transisi yang ramah lingkungan.

Namun, kesepakatan yang telah lama ditunggu-tunggu mengenai anggaran besar-besaran jangka panjang dan pemulihan dari wabah virus corona yang dicapai hari Kamis oleh para pemimpin Uni Eropa itu menggerakkan momentum.

Sebagian besar paket bernilai 1,82 triliun euro akan dikucurkan untuk berbagai program dan investasi yang dirancang untuk membantu negara-negara anggota, daerah dan sektor-sektor yang terutama terimbas oleh transisi yang ramah lingkungan, yang memerlukan transformasi ekonomi dan sosial yang mendalam. Para pemimpin Uni Eropa telah sepakat bahwa 30 persen paket itu harus digunakan untuk mendukung transisi tersebut. [uh/ab]

‚Äč
XS
SM
MD
LG