Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Dunia Bahas Sasaran Pembangunan Milenium di New York


Sekjen PBB Ban Ki-moon membuka pertemuan puncak tiga hari di New York hari Senin yang dihadiri 140 Presiden dan Perdana Menteri.

Sekjen PBB Ban Ki-moon mendesak para pemimpin dunia untuk menegaskan kembali komitmen mereka untuk mengurangi secara drastis kemiskinan global, kelaparan dan penyakit dalam waktu lima tahun ke depan.

Ban membuka pertemuan puncak tiga hari di New York hari Senin yang dihadiri 140 Presiden dan Perdana Menteri untuk meninjau kembali Sasaran Pembangunan Milenium atau MDG yang telah ditetapkan pada tahun 2000.

Rencana MDG itu menargetkan kemajuan dalam delapan bidang, termasuk menangani kelaparan, mengurangi kematian anak-anak, meningkatkan kesehatan ibu hamil, dan akses terhadap pendidikan dasar. Ban mengakui sudah banyak kemajuan dalam mencapai target-target tersebut, namun masih banyak yang harus dilakukan.

Turut berbicara pada pertemuan itu, Presiden Perancis Nicholas Sarkozy yang mendesak para pemimpin dunia guna mencari cara untuk menepati janji-janji mereka. Ia mengatakan negaranya berencana untuk menambah sumbangan kepada dana PBB untuk AIDS dan malaria sebanyak 20 persen dalam tiga tahun ke depan.

XS
SM
MD
LG