Tautan-tautan Akses

Kuartet Internasional Perundingan Damai Timur Tengah Bertemu di New York


Perwakilan AS, Uni Eropa, Rusia dan PBB membahas cara-cara mendorong perundingan Israel-Palestina yang baru-baru ini dimulai kembali.

Kuartet internasional untuk perundingan damai Timur Tengah bertemu di New York Selasa ini untuk membahas cara-cara mendorong perundingan Israel-Palestina yang baru-baru ini dimulai kembali.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton, Ketua Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton dan mitra mereka dari Rusia dan PBB dijadwalkan bertemu di sela-sela Sidang Umum PBB.

Ashton dan Sekjen PBB Ban Ki-moon pada hari Senin mengimbau Israel agar memperpanjang moratorium pembangunan permukiman Tepi Barat yang akan habis masa berlakunya pada hari Minggu.

Palestina mengklaim Tepi Barat yang diduduki Israel untuk negara masa depan dan mengatakan mereka akan keluar dari pembicaraan dengan Israel, jika pembangunan permukiman tersebut dilanjutkan.

Kantor PM Israel Benjamin Netanyahu telah menyatakan dia tidak berencana untuk memperpanjang moratorium tersebut tapi berniat untuk membatasi jangkauan pembangunan di masa mendatang. Clinton telah mengatakan perpanjangan moratorium terbatas selama 10 bulan tidak akan merongrong perundingan damai jika kedua belah pihak sepakat.

XS
SM
MD
LG