Tautan-tautan Akses

Para Pejabat AS dan Taliban Afghanistan akan Lanjutkan Perundingan Damai


Delegasi AS bertemu Presiden Afghanistan Ashraf Ghani (tengah) di Kabul, Kamis (28/2).
Delegasi AS bertemu Presiden Afghanistan Ashraf Ghani (tengah) di Kabul, Kamis (28/2).

Para pejabat Amerika dan Taliban Afghanistan akan melanjutkan pembicaraan damai yang sedang berlangsung di Qatar Sabtu (2/3), setelah mengambil jeda dua hari dari diskusi.

Seorang juru bicara untuk kelompok pemberontak mengatakan selama jeda kelompok teknis dari kedua pihak akan fokus sepenuhnya pada masalah yang berkaitan dengan “penarikan penuh” pasukan asing pimpinan Amerika dari Afghanistan.

Seorang anggota tim negosiasi dari pihak pemberontak mengatakan bahwa diskusi dengan para lawan bicara dari Amerika berlangsung “bagus dan menuju ke arah yang benar.”

Pertemuan yang kini berlangsung itu adalah perundingan putaran kelima sejak akhir musim panas lalu ketika Washington secara langsung melibatkan Taliban dalam dialog yang menurut para pejabat Amerika terutama bertujuan untuk membuka jalan bagi proses perdamaian yang berkelanjutan di dalam negeri Afghanistan.

Dialog proses perdamaian itu diadakan ketika laporan baru PBB yang dikeluarkan awal pekan ini mendokumentasikan hampir 4.000 kematian warga sipil dalam insiden terkait konflik di Afghanistan tahun lalu. [lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG