Tautan-tautan Akses

AS, Taliban Jeda Sementara Pembicaraan Damai


Utusan Khusus Kementerian Luar Negeri Qatar Mutlaq Bin Majid Al-Qahtanithe, Utusan Khusus AS untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad, dan Wakil Komandan Taliban untuk Urusan Politik, Mulla Abdul Ghani Berader, melakukan pembicaraan di Doha, 25 Februari 2019.

Delegasi Amerika dan Taliban untuk sementara jeda dari pembicaraan perdamaian di Qatar untuk berkonsultasi dengan pimpinan masing-masing sebelum kembali bertemu pada Sabtu (2/3) nanti.

Juru bicara Taliban menerangkan, Rabu (27/2), dalam pembicaraan dua hari belakangan kelompok teknis dari kedua pihak fokus sepenuhnya pada isu-isu terkait penarikan sepenuhnya pasukan pimpinan Amerika dari Afghanistan. Mereka juga fokus pada kesiapan Taliban untuk mencegah teroris menggunakan wilayah Afghanistan untuk menyerang negara lain di masa depan.

Taliban melaporkan adanya kemajuan pada akhir dua hari pembicaraan yang baik dengan Amerika di Qatar dalam upaya mengakhiri konflik di Afghanistan.

Pembicaraan damai itu berlangsung sementara laporan yang dikeluarkan PBB awal pekan ini menyebut hampir 4.000 warga sipil tewas tahun lalu dalam berbagai peristiwa terkait konflik Afghanistan. [al]

XS
SM
MD
LG