Tautan-tautan Akses

Para Pejabat APEC Adakan Pertemuan di Montana, AS


Presiden Obama akan menjadi tuan rumah KTT APEC di Hawaii, AS bulan November 2011.
Presiden Obama akan menjadi tuan rumah KTT APEC di Hawaii, AS bulan November 2011.

Para pejabat perdagangan tertinggi Asia Pasifik mengadakan pertemuan dua hari di negara bagian Montana, Amerika.

Para pejabat perdagangan tertinggi Asia Pasifik akan mengadakan pertemuan hari ini di daerah peristirahatan pegunungan Rocky Mountain, negara bagian Montana, untuk membicarakan cara-cara mendorong kawasan Asia-Pasifik maju lebih jauh pada jalan menuju perpaduan ekonomi.

Pertemuan dua hari di lokasi yang diberi nama yang cocok, Big Sky, akan membantu persiapan pertemuan puncak bulan November Forum Kerjasama Asia Pasifik, APEC, yang akan dijamu oleh Presiden Amerika Barack Obama di Hawaii.

Para pejabat Amerika diperkirakan akan menggunakan pembicaraan pekan ini untuk berusaha memajukan perundingan untuk Trans-Pacific Partnership, gagasan perjanjian perdagangan bebas yang melibatkan 9 dari ke-21 anggota APEC. Washington mempromosikan perjanjian itu sebagai persetujuan perdagangan generasi berikut yang akan mempromosikan hak buruh dan peraturan lingkungan sementara menurunkan hambatan perdagangan.

Negara-negara lain yang terlibat dalam pembicaraan perdagangan bebas itu adalah Vietnam, Malaysia, Singapura, Chile, Peru, Selandia baru, Australia, dan Brunei. Jepang pekan ini menangguhkan keputusan mengenai apakah akan turut dalam pembicaraan itu.

XS
SM
MD
LG