Tautan-tautan Akses

Pangeran Philip Pensiun dari Tugas-Tugas Kerajaan


Mantan atlet kriket Inggris John Stephenson (kanan) memperlihatkan raket milik Everton Weekes (salah satu pemain dalam grup kriket West Indian), kepada Pangeran Philip, saat berkunjung ke "Lord's Cricket Ground" untuk membuka Warner Stand yang baru di London, 3 Mei 2017. (Arthur Edward/Pool Photo via AP)

Pangeran Philip, yang terkenal karena dukungan kokohnya bagi istrinya, Ratu Elizabeth II serta salah ucap yang kadang-kadang ia lakukan, akan pensiun dari tugas-tugas kerajaan pada musim gugur ini, demikian diumumkan Istana Buckingham hari Kamis (4/5).

Philip yang berusia 95 tahun mengambil keputusan itu sendiri dengan dukungan penuh Ratu, sebut istana dalam suatu pernyataan. Pangeran yang dikenal dengan gelar Duke of Edinburgh itu mengidap sakit jantung dan beberapa penyakit lainnya dalam beberapa tahun belakangan, tetapi masih kerap muncul di depan umum.

Ia tampak dalam kondisi kesehatan dan suasana hati yang baik pada hari Rabu (3/5), saat hadir di sebuah klub kriket di London. Ia bergurau telah menjadi orang paling berpengalaman di dunia dalam hal membuka selubung prasasti.

Para pejabat menyatakan, Ratu Elizabeth, yang bulan lalu memasuki usia 91, akan tetap menjalankan tugas-tugas kerajaan dengan dukungan keluarga kerajaan.

Namun ia telah mengurangi beban kerjanya dalam beberapa tahun ini karena anak-anak dan cucu-cucunya telah mulai tampil. Perhatian semakin terpusat pada putra mahkota, Pangeran Charles, serta cucunya Pangeran William dan istrinya Kate, Duchess of Cambridge. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG