Tautan-tautan Akses

Hammond: Inggris Tak akan Jadi 'Hewan yang Terluka' dalam Perjanjian


Menteri Keuangan Inggris, Philip Hammond (foto: dok).

Menteri Keuangan Inggris, Philip Hammond hari Minggu (5/3) mengatakan bahwa Inggris siap untuk “melawan” untuk mendapat hasil yang positif dalam perundingan Brexit dengan Uni Eropa.

“Kalau ada orang di Uni Eropa yang mengangap kita tidak akan melakukan perjanjian dengan Uni Eropa, tidak melanjutkan kerja sama erat, Inggris akan menjadi hewan yang terluka, itu tidak akan terjadi,” kata Hammond dalam wawancara dengan Andrew Marr dari BBC sebagaimana dilaporkan Associated Press.

Menteri Keuangan itu berkeras bahwa Inggris siap “melakukan apapun yang diperlukan” termasuk berpaling dari Eropa ke pasar-pasar lain untuk melindungi perekonomiannya.

“Kita akan menciptakan perjanjian-perjanjian perdagangan baru di seluruh dunia, kita akan membangun bisnis kita di seluruh dunia, dari yang kuat menjadi lebih kuat dan melakukan apa saja yang diperlukan untuk membuat perekonomian Inggris lebih bersaing,” katanya.

Hammond juga mengatakan Perdana Menteri Inggris, Theresa May sebelumnya mengatakan Inggris akan menghormati setiap tagihan Brexit yang perlu dibayar.

Ia menolak untuk berspekulasi mengenai jumlahnya dan mengatakan laporan-laporan bahwa perunding Uni Eropa menghendaki “tagihan untuk keluar” sebagai “bagian strategi perundingan yang dihadapi di Brussels”. [my/al]

XS
SM
MD
LG