Tautan-tautan Akses

Panama Nyatakan Anak-Anak Mantan Presiden Terima Suap 50 Juta Dolar


Mantan Presiden Panama Ricardo Martinelli menjawab pertanyaan wartawan di Guatemala City, 28 Januari 2015. (Foto: dok).

Jaksa Panama menyatakan perusahaan konstruksi raksasa Brazil Odebrecht, yang terlibat dalam skandal korupsi internasional besar-besaran, telah memberi uang suap jutaan dolar kepada putra-putra mantan presiden Panama Ricardo Martinelli.

Ricardo Alberto dan Luis Enriquez Martinelli diduga menerima lebih dari 50 juta dolar pembayaran ilegal dari Odebrecht, kata jaksa Panama, Kamis.

Odebrecht dituduh membayar sekitar 800 juta dolar uang suap, terkait kontrak pembangunan infrastruktur di 12 negara di Amerika Selatan antara tahun 2002 dan 2016, termasuk sedikitnya 59 juta dolar di Panama. Pihak berwenang Panama menyatakan jumlah yang sebenarnya kemungkinan jauh lebih besar daripada angka tersebut.

Kantor pusat Odebrecht, di Sao Paulo, Brazil, 19 Juni 2015. (Foto: dok).
Kantor pusat Odebrecht, di Sao Paulo, Brazil, 19 Juni 2015. (Foto: dok).

Kantor Jaksa Agung dalam suatu pernyataan menuduh bahwa ada beberapa juta dolar yang ditransfer ke Martinelli bersaudara melalui rekening di Panama dan di luar negeri pada tahun 2010 hingga 2014.

Disebutkan bahwa tuduhan itu didasarkan pada informasi yang diperolah dari para saksi dalam investigasi itu, mantan manajer Odebrecth untuk Panama, Andre Campos Rabello, dan dua mantan eksekutif Odebrecht.

Keluarga Martinelli membantah keterlibatan kedua orang tersebut dalam skandal suap, dan menyatakan tuduhan itu dilontarkan musuh-musuh politik mereka.

Mantan presiden, yang juga menyangkal berbuat salah, sekarang ini ditahan di Amerika Serikat dan menghadapi kemungkinan diekstradisi ke Panama atas tuduhan penggelapan dan spionase politik. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG