Tautan-tautan Akses

Palang Merah Bela Pelatihan Medis bagi Taliban


Palang Merah Internasional mengatakan, hal itu untuk memastikan siapapun yang terluka di medan perang mendapatkan perawatan medis.

Komite Palang Merah Internasional membela usahanya untuk memberikan pelatihan medis mendasar kepada para militan Taliban di Afghanistan.

Para pejabat Palang Merah mengatakan, pelatihan itu bagian dari mandat kelompok kemanusiaan itu untuk memastikan siapapun yang terluka di medan perang mendapat perawatan medis sepatutnya.

Sebuah laporan Palang Merah Selasa kemarin mengatakan, kelompok itu memberikan pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan kepada lebih dari 70 militan Taliban bulan lalu. Pengungkapan fakta ini membuat marah sejumlah pejabat Afghanistan.

Salah satu pejabat pemerintah setempat di Kandahar mengatakan kepada suratkabar Inggris, Guardian, bahwa Taliban tidak layak diperlakukan seperti manusia. Ia menuduh Taliban memperlakukan orang-orang yang mereka tangkap lebih buruk dari hewan, dan mengatakan para militan itu tidak layak mendapat bantuan itu.

Palang Merah mengatakan, mereka juga memberikan pelatihan yang meningkat kepada para dokter Afghanistan untuk membantu mereka merawat luka akibat senjata dengan lebih baik.

XS
SM
MD
LG